Peran Mahasiswa di Era Milenial

Share:

Peran Mahasiswa di Era Milenial

 

 Peran Mahasiswa di Era Milenial

Stratawma.com- Mahasiswa adalah Strata Tertinggi di dunia pendidikan. Terdapat perbedaan yang mendasar antara Mahasiswa dan Siswa, jika seorang siswa hannya ada Belajar dan Meneliti berbeda halnya dengan seorang Mahasiswa. Mahasiswa memiliki satu peran lagi yaitu mengamdikan ilmu yang telah mereka pelajari selama bangku perkuliahan kepada Masyarakat, makannya kita tahu bahwa ada istilah KKN (Kuliah Kerja Nyata). atau bisa disebut TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI. Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah suatu Visi dari seluruh Universitas yang ada di indonesia.

Peran Mahasiswa di Era Milenial ? Di dalam proses seseorang mahasiswa mendapatkan gelar Sarjanannya Mereka akan diberikan Pembelajaran, di ajarkan cara meneliti, dan  di wajibkan untuk mengabdikan imu yang mereka dapatkan kepada Masyarakat. Namun apakah hannya itu peran yang dimiliki seorang Mahasiswa? "Tentu masih ada lagi  yaitu Mahasiswa berperan sebagai Pengawas jalannya suatu pemerintahan, dituntut Ikut memberikan kritik dan masukan kepada pemerintah, dan Mahasiswa juga berperan sebagai ujung Tombak aspirasi masyarakat. Bannyak sekali masyarakat yang memiliki persepsi yang keliru, Masyarakat awam kebannyakan menilai Negatif seorang mahasiswa karena mereka sering Demo sering Rusuh dengan Aparat. padahal jika di tinjau lebih dalam lagi, para mahasiswa melakukan hal tersebut juga untuk masyarakat. 

Nah disinilah perbedaannya seorang Siswa dan Mahasiswa. Dimana seorang mahasiswa dituntut mau menjadi soerang pengawas yang bertugas mengawasi berjalannya suatu Pemerintahan. 

Namun sayangnya Mahasuiswa di Zaman sekarang lebih suka diam dibanding beraksi, beraksi menyuarakan kebenaran, berani menyurakan aspirasi masyarakat. Mahasiswa zaman sekarang lebih cenderung memilih pulang dan tidur di Kosan dibandingkan mengaspirasikan permsalahan di masyarakat.

Saya merasa prihatin akan kondisi mahasiswa saat ini yang diambang krisis kepedulian sosial.
Jika terus seperti ini siapa lagi yang mau mengawasi jalannya suatu pemerintahan, kalau bukan Mahasiwa. Seperti kita tahu dahulu pernah terjadi suatu pristiwa dimana seluruh Mahasiswa Bergabung Menjadi satu di depan gedung DPR dan menuntut Presiden Mundur dari jabatannya yang pristiwa bersejarah tersebut dikena dengan Tragedi Trisakti yang terjadi pada tanggal 12 mei 1998.


 Sebenarnya masih bannyak yang ingin sya curahkan isi pemikiran saya namun dikarenakan waktu, saya memutuskan untuk mencukupkan tulisan saya ini sampai di sini saja.
Mudah mudahan Tulisan saya ini dapat bermanfaat bagi seluruh Mahasiswa di indonesia. 

Jika kalian ingin memberikan komentar  atau pendapat kalian silahkan tinggalkan di kolom komentar. Secepatnya akan saya balas.

Sekian Wassalamualaikum,Wr,Wb.

Post a Comment