Apa itu Makar ? Hukuman Apa Yang dijatuhkan bagi pelaku Makar ?


Apa itu Makar ? Hukuman Apa Yang dijatuhkan bagi pelaku Makar ?

Hukuman Bagi pelaku makar



Stratawma.com - Apa definisi  makar dan apa saja misal  makar | Dalam tulisan  kali ini anda  akan kupas  tentang makar.

Makar akhir akhir ini jadi percakapan  sejuta ummat di Indonesia. Apalagi dengan adanya permasalahan  AHOK dan pemilukada yang silih berganti. Media dimana mana baik tersebut  TV, internet dan bahkan radio menyinggung  menyebut si Ini si Itu mengerjakan  Makar. Tapi, apakah semua  pendengar telah  tahu apa tersebut  Makar.

Mari kita kupas  satu persatu mulai dari definisi  makar dan seterusnya.

Pengertian Makar Secara Etimologi

Makar ialah  salah satu istilah hukum. Oleh sebab  itu, dalam men-etimologikan makar maka anda  harus unik  dari bahasa hukum Indonesia. Makar ditarik dari bahasa Belanda dari kata “Aanslag”.

Arti “Aanslag” sendiri ialah  serangan, format  lain dari “Aanslag” ialah  “Aanval”. Arti kata “Aanval” ialah  suatu penyerangan dengan maksud tidak baik. Kalau ditafsirkan  ke bahasa Belanda yakni  Misdadige aaranding.

Pengertian Makar Berdasarkan keterangan dari  KBBI dan misal  Makar
Kalian telah  tahu kan makna  makar menurut makna  katanya sendiri (etimologi). Sekarang anda  lihat pengertian  makar menurut  keterangan dari  KBBI.

Pengertian Makar menurut  keterangan dari  KKBI merupakan 
Apa itu Makar ? Hukuman Apa Yang dijatuhkan bagi pelaku Makar ?

Akal busuk; Tipu Muslihat; Perbuatan (Usaha) dengan maksud berkeinginan  menyerang (membunuh) orang. Perbuatan (usaha) menjatuhkn pemerintah yang sah

Jadi bilamana  seseorang mencoba mengerjakan  akal busuk, maka boleh kau sebut dia mengerjakan  makar terhadap dirimu. Contoh makar menurut  keterangan dari  KBBI, seseorang mengupayakan  untuk membunuhmu, maka dia mengerjakan  makar kepadamu dengan mengerjakan  usaha guna  membunuhmu.

Pengertian Makar dalam KUHP dan Contoh Makar

Cukup dengan KBBI, barangkali  yang kalian butuhkan ialah  pengertian makar menurut  keterangan dari  KUHP. Jadi, memang makar masuk dalam delik pidana.



Berdasarkan KUHP pengertian  makar merupakan 


Pengertian makar menurut  keterangan dari  KUHP
Seseorang disebutkan  melakukan makar menurut  keterangan dari  KUHP dengan kata lain  menurut  keterangan dari  hukum apabil telah mengisi  unsur pada Pasal 87 KUHP. Dijelaskan dalam situ bahwa “Penyerangan (makar) bakal  suatu tindakan  berwujud bila   sudah nyata maksud si-pembuat dengan adanya permulaan mengerjakan  perbuatan tersebut  menurut  keterangan dari  maksud pasal 53”.

Jadi, bila   baru wacana dia mau mengerjakan  makar maka telah  tentu belum dapat  dihukum. Hal ini sebab  makar adalah salah satu hukum positif.

hukuman orang Makar

Hukuman Pelaku Tindakan Makar


Tindakan makar memiliki tidak sedikit  sekali jenis. Ada perbuatan  yang dilaksanakan  dengan menerjang ideologi, ada pun  yang mengerjakan  penyerangan untuk  Presiden baik langsung atau juga  tidak langsung. Tindakan yang bermacam-macam ini mengakibatkan  jenis hukuman guna  pelaku makar berbagai  ragam, terdapat  yang hanya  2,5 tahun saja, ada pun  yang hingga  5 tahun atau bahkan lebih.



Aksi pelanggaran besar laksana  menyerang kepala negara pasti  akan menemukan  hukuman yang berat. Mungkin seumur hidup atau bahkan hukuman mati. Indonesia pernah mengalami sejumlah  kasus perbuatan  makar yang mengakibatkan  pelakunya dijatuhi hukuman mati walau  akhirnya atas pemerintah presiden, hukuman tersebut  dicabut, bahkan bebas.

Tindakan Makar yang pernah Terjadi di Indonesia


Dalam sejarahnya, Indonesia pernah sejumlah  kali merasakan  tindakan makar yang dilaksanakan  oleh penduduk  negaranya. Tindakan makar dilaksanakan  dengan membangkang  ideologi bangsa sampai  melakukan penyerangan untuk  kepala negara yang sah dan sedang mengerjakan  tugas yang resmi .

Kasus makar kesatu  dilaksanakan  oleh seorang Daniel Maukar. Saat Bung Karno masih menjabat presiden NKRI, dia mengerjakan  serangan mencekam  ke istana negara. Dengan pesawat tempur yang dikendalikannya, pilot hebat Indonesia ini mengerjakan  penyerangan yang mematikan. Untungnya, pada kejadian ini, Bung Karno sedang tidak terdapat  di tempat sampai-sampai  nyawanya jadi selamat.


Akibat permasalahan  penyerbuan ini, Daniel Maukar diadili atas perbuatan  makar terhadap negara dan pun  presiden. Dia dijatuhi hukuman mati walau  pada akhirnya dimaafkan  dan melulu  menjalani selama  8 tahun masa tahanan sebelum kesudahannya  bebas menginjak  lengsernya era Bung Karno menjadi presiden di Indonesia.

Kasus makar selanjutnya dilaksanakan  oleh GAM. 

Semua orang telah  paham bila   GAM mengerjakan  cukup tidak sedikit  serangan di Aceh. Mereka hendak  merdeka dan lepas dari NKRI. Dalam aksi yang dilaksanakan  selama bertahun-tahun itu, GAM sering  mengibarkan benderanya dan melawan pasukan TNI yang mengerjakan  penjagaan.


Hampir sama dengan GAM, RMS atau Republik Maluku Selatan dan pun  OPM atau Organisasi Papua Merdeka juga dirasakan  sebagai organisasi yang mengerjakan  tindakan makar dan melawan kedaulatan NKRI. Terakhir, PKI yang diandalkan   melakukan penyerangan dan menciptakan  Indonesia jadi mengerikan  juga diputuskan  pemerintah sebagai perbuatan  makar yang besar dan terorganisir dengan baik.
Inilah sekilas ulasan mengenai  makar dan pun  contoh-contoh kasusnya yang terjadi di Indonesia. Semoga permasalahan  yang bersangkutan   dengan Ahok, ulama, dan pihak-pihak bersangkutan  dapat  segera usai. Terpenting dari semua, semoga aksi makar tidak terjadi supaya  Indonesia tetap aman dan damai.

Previous
Next Post »

Berkomentarlah sesuai topik agar tidak dianggap SPAM ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment