Komunitas dengan segudang manfaat bagi desa "Komunitas Halaman"

Komunitas dengan segudang manfaat bagi desa 

"Komunitas Halaman"


Sejarah Singkat Komunitas Halaman


Komunitas Halaman  menurut penjabaran saya selaku penulis, Berdiri pada tahun 2016 di Desa Kemranjen, Banyumas. Komunitas Halaman Adalah Suatu Komunitas Atau Organisasi Masyarakat yang memiliki tujuan untuk dapat ikut serta membangun ekonomi masyarakat dan membantu Terciptanya pendidikan yang lebih baik lagi. Pada awal pendirianya Komunitas Halaman Memiliki anggota sebanyak 20 orang terdiri dari mahasiswa dan masyarakat desa sendiri.

Melihat dari prosentase minat baca yang masih rendah di Indonesia yang tepatnya hanya 0,01% dan urutan ke 78 dari 80 negara, dan karena Belum adanya upaya pemerintah untuk mengubah kondisi yang sangat miris inilah yang  membuat Komunitas Halaman Ini merasa semakin terdorong untuk ikut serta ikut memajukan pendidikan di desa. Walaupun tidak berdamapak secara masif, namun menjadi salah satu upaya untuk sedikit menurunkan kesenjangan minat baca anak-anak di desa.
Gebrakan nyata Komunitas Halaman dalam membantu menurunkan kesenjangan baca di Indonesia Antara lain adalah Perpustakaan Halaman dan Sudut pandang.



Perpustakaan Halaman 




Perpustakaan Halaman sendiri merupakan hasil jerih payah dari para anggota yang di bantu oleh masyarakat sekitar dalam membantu upaya meningkatkan minat baca anak-anak di desa. Didirikan dengan penuh kesungguhan dan niat yang iklas terciptalah Satu perpustakaan. Tempat yang tadinya Digunakan Sebagai tempat sampah oleh masyarakat, Sekarang sudah diubah menjadi perpustakaan yang jumlah bukunya sudah lumayan banyak dengan usaha keras dari anggota dan masyarakat.

“Ya Perpustakaan Halaman memang tadinya adalah sebuah btempat sampah besar di desa, itulah yang membuat saya sangat terharu sekaliagus  berkata dalam hati mereka semua hebat saat mendengar cerita tersebut” 


Menurut penuturan dari pendiri Komunitas Halaman sendiri yaitu Mas Ahmas Fais Salim, Komunitas memang belum pernah mengirimkan proposal pengajuan dana untuk pendirian Perpustakaan Halaman, Walaupun begitu para anggota merasa bersyukur karena Antusiasme Masyarakat dalam pembangunan Perpustakaan halaman Ini sangat baik.

Kegiatan Komunitas Halaman dalam sektor pendidikan yang lainya adalah membuat sebuah forum diskusi yaitu Sudut Pandang, yang menghadirkan Tokoh-tokoh yang inspiratif dan kreatif untuk berbicara dan memberikan ilmu serta pengalaman kepada para masyarakat.




Sektor Ekonomi masyarakat desa – Gebrakan yang di lakukan oleh komunitas halam juga sudah dapat di katakan representative.

Menerapkan metode kreatifitas space?


Dalam menerapkan metode kreatifitas space, Komunitas Halaman menggunakan cara Sharing antar anggota mencari ide kreatif yang nantinya ide kreatif dari para anggota akan di tampung dan di godok lagi agar menjadi sebuah ide yang realistis dan dapat di kerjakan. Ide kreatif dari para anggota yang sudah terealisasikan dan sedang berjalan antara lain :

Halaman Katering 


Halaman Katering merupakan salah satu Ide dari anggota yang bisa di bilang kini cukup sukses, di catat pada bulan pertama Halaman Katering dapat menerima pesanan sebanyak 500 Box, dan perkembangan Halaman Katering hingga sekarang sudah mencakup Purwokerto, cilacap, dan Kebumen. Dalam peranannya Komunitas halaman membentu mendorong dari segi publikasi dan promosi agar informasi mengenai Halaman Katering sampai pada telinga Konsumen. 


Gebrakan lainya dalam sector ekonomi adalah dalam sektor Pertanian 

Sektor Pertanian 

Sektor pertanian merupakan salah satu ide kreatif juga dari para anggota untuk ikut memajukan perekonomian masyarakat dalam sektor pertanian. Telah di catat bahwa Komunitas Halaman memiliki total Lahan Pertanian 150 ubin yang dikelola oleh anggota.

Komunitas halaman merupakan Gerakan nyata dari Kaum terbelajar yang berkerja sama dengan masyarakat, untuk membuat kondisi ekonomi dan pendidikan di masyarakat desa lebih baik lagi, walaupun sampai sekarang belum adanya peran serta dari pemerintah namun nyatanya Komunitas tetap dapat berjalan dan memberikan segudang manfaat bagi Masyarakat. Kunci awal suksesnya Komunitas Halaman sendiri adalah dimana kaum terpelajar bisa mendapatkan rasa percaya dari Masyarakat.


“Bareng bareng berkarya  temukan cita cita kita semua yang bisa di jadikan karya” 
Ahmad Faiz Salim

Orang dikenal karena karyanya bukan organisasinya



Sekian dari penulis Atas segala kesalahan dan kekurangan dalam artikel ini saya secara pribadi mengucapkan Mohon maaf yang sebesar besarnya.  

By Ys


Fanspage Resmi Komunitas Halaman




Previous
Next Post »

Berkomentarlah sesuai topik agar tidak dianggap SPAM ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment